ILUSTRASI. A logo of Alibaba Group is seen at the company’s headquarters in Hangzhou, Zhejiang province, China, November 18, 2019. REUTERS/Aly Song/File Photo

Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID – BEIJING. Alibaba Group akan menjual unit department store Intime di China. Aksi ini merupakan bagian dari restrukturisasi perusahaan ritel terbesar di China untuk fokus pada bisnis inti e-commerce.

Alibaba pada Selasa  (17/12) mengatakan akan menjual Intime kepada konsorsium yang terdiri dari Youngor Fashion dan anggota tim manajemen Intime seharga 7,4 miliar yuan setara dengan US$ 1,02 miliar. Ini artinya Alibaba akan merugi sebesar US$ 1,3 miliar dari penjualan aset tersebut. Sebab saat perusahaan ini membeli Intime pada tahun 2017, Alibaba mengeluarkan dana US$ 2,6 miliar.

Selain menjual Intime, Alibaba tengah berupaya menjual sejumlah aset sektor konsumen lain seperti bisnis grosir Freshippo, dan pengecer RT-Mart.

Penjualan tersebut menandai kelanjutan dari restrukturisasi Alibaba setelah grup tersebut memecah bisnisnya menjadi enam unit bisnis tahun lalu. Perusahaan juga mengintegrasikan platform e-commerce domestik dan internasional ke dalam satu unit bisnis.