ILUSTRASI. FILE PHOTO: Small toy figures are seen in front of diplayed Netflix logo in this illustration taken March 19, 2020. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo. Netflix berharap mengantongi keuntungan berlipat dari tayangan live olahraga tinju antara mantan juara kelas berat Mike Tyson dengan Jake Paul. ?

Sumber: Reuters | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID – NEW YORK.  Netflix berharap mengantongi keuntungan berlipat dari tayangan live olahraga tinju antara mantan juara kelas berat Mike Tyson dengan Jake Paul. 

Pertandingan olahraga ini akan ditayangkan di Netflix pada hari Jumat (16/11) waktu setempat. 

Pertarungan antargenerasi ini memiliki semua yang dibutuhkan untuk menjadi hit lintas generasi, dengan Tyson yang berusia 58 tahun mendatangkan pemain lama dan Paul yang berusia 27 tahun, yang mencapai ketenaran awal di YouTube, menarik minat para pecandu media sosial yang lebih muda dan gemar menonton.

Ada lebih dari 280 juta pelanggan Netflix tanpa biaya tambahan, ini bisa menjadi perubahan yang disambut baik bagi para penggemar tinju Amerika yang terbiasa mengeluarkan uang ekstra untuk menonton pertandingan besar di stasiun penyiaran lama HBO.

Baca Juga: China Sebut Filipina Kirim Pasokan ke Kapal Perang di Beting

“Tren di semua olahraga saat ini adalah memindahkan beberapa properti mereka ke layanan streaming,” kata Bob Dorfman, seorang analis pemasaran olahraga veteran yang berbasis di San Francisco. 

“Ini adalah dua tokoh besar – acara ini berpotensi menjadi acara olahraga streaming terbesar.”

Jaringan televisi berlangganan Amerika HBO mengumumkan pada tahun 2018 bahwa mereka akan menghentikan tinju langsung dari programnya, mengakhiri hubungan selama 45 tahun dengan olahraga tersebut dan meninggalkan kekosongan penyiaran.

Netflix telah mencoba-coba konten olahraga sebelumnya, dengan acara golf dan tenis eksibisi dan serial dokumenter yang sangat populer 

“Formula 1: Drive to Survive,” yang dianggap telah mendongkrak popularitas sirkuit balap mobil di AS.

Pertarungan di Stadion AT&T berkapasitas 80.000 di Arlington, Texas, acara tinju langsung pertamanya, mendukung strategi Netflix untuk menyediakan konten eksklusif yang tidak dapat ditemukan oleh pemirsa di tempat lain.

Meskipun pertarungan tersebut tidak akan memiliki iklan tradisional, namun ada sponsor yang pesannya akan menjadi bagian dari acara streaming langsung tersebut. 

Iklan bukanlah kontributor utama pendapatan streamer saat ini, meskipun tingkatan yang didukung iklannya berkembang pesat, dengan 70 juta pelanggan dilaporkan minggu ini, naik dari 40 juta pada bulan Mei.

Acara besar tersebut merupakan tanda hubungan cinta yang langgeng antara olahraga dan streaming, kata Neal Pilson, mantan presiden CBS Sports, meskipun ia memperkirakan streaming dan siaran tradisional akan ada berdampingan di masa mendatang.

“Ini adalah acara satu kali saja… Menurut saya, ini lebih seperti hal baru. Ini tidak mengubah industri,” kata Pilson, presiden Pilson Communications.

“Industri ini masih akan didorong oleh kesepakatan liga (seperti) MLS, NFL, Major League Baseball.”

Baca Juga: Jerome Powell: Federal Reserve Tidak Terburu-buru Menurunkan Suku Bunga Lagi